Pages Menu
Categories Menu

Posted by on May 17, 2013 in Servis Laptop | 0 comments

Jika Tombol Keyboard Laptop Macet

Jika salah satu tombol atau beberapa tombol di keyboard laptop macet, ada cara-cara tertentu yang bisa Anda terapkan sendiri untuk memperbaikinya. Namun, sebelum mempelajari cara memperbaikinya, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu cara melepas dan memasang kembali keyboard laptop. Ini penting karena jika Anda bukan profesional, Anda bisa saja secara tidak sengaja merusak komponen lain yang seharusnya tidak disentuh. Keyboard laptop yang macet biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti debu yang dikarenakan oleh panas laptop, tekanan dari luar yang terlalu keras, atau ada benda kecil yang mengganjal di bawah tombol.

Terkadang, jika kita terlalu lama menggunakan laptop, tentu bagian atas keboard akan terasa sangat panas. Suhu yang tinggi ini bisa menarik debu dan menempel di bagian bawah keybiard. Jika tidak sering-sering dibersihkan, bisa mnghalangi tooth untuk menyentuh papan elehtronik di bagian bawah keyboard. Penyebab lainnya adalah karena kebiasaan Anda yang terlalu keras menekan salah satu tombol, seperti tombol enter. Tekanan yang terlalu keras dari luar bisa menyebabkan tooth akan tertinggal dan selalu menempel pada papan elektroik keyboard. Jika sudah demikian, biasanya akan timbul bunyi beep yang panjang saat Anda menghidupkan laptop. Penyebab yang lain adalah adanya benda-benada kecil yang menempel di bawah tooth keyboard. Jika tidak segera dibersihkan, benda kecil ini bisa menyebabkan keybiard laptop macet.

Untuk memperbaikinya, Anda bisa memulainya dengan melepas semua timbol keyboard. Jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam mengoperasi barang elektronik, sebaiknya Anda menyerahkan keyboard laptop macet Anda ke tukang servis laptop. Ini untuk mencegah kerusakan pada bagian lain yang sebenarnya tidak perlu. Untuk membuka semua bagian keyboard, Anda bisa mencongkel secara perlahan keyboar laptop Anda. Namun, untuk mencongkel keyboard, jangan pernah menggunakan benda keras, seperti obeng atau tang agar tidak merusak bagian keyboard. Lakukan secara xati-xati dan jangan sampai memataxkan bagian keyboard, seperti pengait atau tombol keyboard. Setelah tombol keyboard terlepas, bersihkan semua bagian keyboard dengan kuas yang lembut. Tiup sesekali agar debu ikut terbang. Karenanya, jangan lupa pakai masker selama membersihakan laptop.

Di bagian bawah keyboard, terdapat karet tombol berwarna hijau yang meghubungkan tooth dengan lempeng elektronik di bagian bawah. Jangan sampai karet itu terlepas, jika terlanjur terlepas, tempelkan kembali tanpa menggunakan perekat. Jika sudah dibersihkan, pasang kembali keyboad dengan perlahan. Cara lain yang bisa Anda terapkan untuk memperbaiki keyboard laptop macet adalah dengan memotong kabel fleksibel yang menghubungkan keyboard sepanjang 1 sampai 2 cm. Ini untuk mengatasi kemungkinan adanya jalur yang rusak. Jika Anda kesulitan menerapkan cara ini, sebaiknya kirimkan ke servis laptop. Namun, jika Anda merasa perlu untuk mengganti keybboad, Anda bisa membeli keyboard baru dari spare parts merk laptop yang Anda miliki.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 9 = thirty six

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Facebook

Twitter